Sebenarnya tidak ada pengertian baku untuk mendefinisikan cerpen. Antara satu sastrawan dengan sastrawan lain memiliki rumusan yang tidak sama. Pun ketika mencoba googling dengan keyword Pengertian Cerpen dari sekian hasil yang muncul merumuskan dan menjabarkan dengan cara yang berbeda meskipun intinya menjurus kepada satu kesimpulan bahwa cerpen adalah cerita rekaan yang pendek. Pendek disini bukan berarti hanya terdiri dari satu halaman saja, tapi bisa sampai beberapa halaman. Salah seorang sastrawan A. Bakar Hamid memberi batasan yang dapat disebut cerita pendek itu harus dilihat dari kuantitas, yaitu banyaknya perkataan yang dipakai: antara 500-20.000 kata.

Menurut wikipedia pengertian Cerpen adalah suatu bentuk prosa naratif fiktif. Cerita pendek cenderung padat dan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi yang lebih panjang, seperti novella (dalam pengertian modern) dan novel. Karena singkatnya, cerita-cerita pendek yang sukses mengandalkan teknik-teknik sastra seperti tokoh, plot, tema, bahasa dan insight secara lebih luas dibandingkan dengan fiksi yang lebih panjang. Ceritanya bisa dalam berbagai jenis.

Pada mulanya cerita pendek adalah suatu bentuk karangan fiksi. Namun kini juga mencakup bentuk nonfiksi seperti catatan perjalanan, prosa liris dan varian-varian pasca modern serta non-fiksi seperti fikto-kritis atau jurnalisme baru. Tapi catatan pengalaman pribadi bukanlah merupakan sebuah cerpen. Ini jelas berbeda.

Sebuah cerita pendek bisa dibedakan menjadi beberapa macam. Kalau berdasar segmen pembaca ada cerpen anak-anak, remaja dan dewasa. Sedang berdasarkan tema yang diangkat ada cerpen drama, misteri, humor, percintaan dan lain-lain.

Ada beberapa unsur yang membangun sehingga suatu karya sastra dapat dikatakan sebagai cerita pendek. Unsur intrinsik diantaranya tema, amanat, alur/plot, penokohan, latar/setting, sudut pandang pengarang dan gaya bahasa. Sedang unsur ekstrinsik diantaranya Biografi Pengarang, sosial budaya, moral, agama.

Semoga pengertian cerpen yang saya rangkum dari berbagai sumber ini dapat menambah wawasan pembaca yang mungkin selama ini masih rancu dan bahkan mungkin ambigu.